Kamis, 10 Mei 2012

Istilah-istilah Dalam Dunia Fanfiction

 Ini dia istilah-istilah yang penting diketahui dalam dunia per-FANFIC-an.
Author
Udah jelas, author itu penulis fanfic.

AU, Alternate Universe
Fanfic yang ditulis berbeda dengan pakem aslinya.
Misalnya, setting cerita Naruto ada di zaman purbakala atau ada di kehidupan modern seperti sekarang.


Canon
Fanfic yang ditulis sesuai dengan plot dan chara asli. Biasanya, fanfic tidak mengubah ending cerita asli.

Fanon
Kebalikan dari canon, ending atau plotnya berbeda dengan yang asli.

Slash
Fanfic yang mengangkat tema-tema roman/hubungan cinta sesama jenis (Yaoi untuk sesama laki-laki, Yuri untuk sesama wanita). Walaupun kedengarannya agak gimana gitu, tapi di dunia fanfic yang seperti ini sudah banyak. (Bagi yang nggak suka slash, berhati-hatilah untuk memilih fanfic yang akan dibaca, biasanya author memberi warning terlebih dahulu.)

Crack
Fanfic yang sengaja dibuat melenceng dari aslinya, biasanya bertemakan humor. Just for fun. Parodi adalah contoh mudah untuk jenis crack.

Fluff
Sepertinya ini dia yang paling banyak disukai. Fluff berisi adegan-adegan yang banyak disukai para fans. Kebanyakan berupa adegan romantis, dialog romantis atau kisah romantis dengan happy ending. (Whaaa~ Hikari sangat lemah dalam hal ini, haha!)

OC, Other/Original Character
Karakter ini merupakan karakter tambahan yang ditambahkan oleh author.dalam fanfic buatannya. Bisa buatan author sendiri, bisa dari author-author lain yang melamar. Misal, tiba-tiba muncul tokoh bernama Miura Asuka dalam fanfic Naruto.

OOC, Out Of Character
Sifat karakter dalam fanfic berbeda dengan sifat aslinya. Misal, Sasuke jadi lebay, tukang ngegosip, atau apalah. *dibacok-bacok Sasuke FC+FG*

Cross gender
Yang cewek jadi cowok. Yang cowok jadi cewek. Misal, Naruto jadi cewek.

Mary-Sue atau Gary-Sue
Di fanfic itu, OC digambarkan sempurna. Biasanya OC dijadiin tokoh utama.

Review
Komentar para readers untuk sebuah fanfic. Review ada 2 macam, signed review dan anonymous review. Signed review adalah sebutan untuk review yang dikirim dari orang-orang yang sudah mempunyai akun di FanFiction.net dan login saat mengirim review. Sedangkan, anonymous review aalah sebutan untuk review yang dikirim dari orang-orang yang tidak login di FanFiction.net. Karena tidak punya akun atau malas login. Review sangat penting bagi author karena author akan merasa senang jika fanficnya banyak di-review.

Flame
Secara etimologi, flame berarti lidah api. Maksud flame dalam fanfic adalah review yang berisi kritikan pedas atau kata-kata tajam -setajam silet- untuk menjelek-jelekkan fanfic. Biasanya, para flamer mempunyai akun di FanFiction.net tapi tidak membuat fanfic. Ada author yang terpancing dengan flame ini, ada juga yang dengan lapang dada menerimanya.

WB, Writer's Block
Bisa diibaratkan suatu penyakit yang menyebabkan sang author mengalami kemacetan atau hiatus dalam membuat fanfic.

sumber :http://akabarahikari.blogspot.com

1 komentar:

  1. Kalo bisa sih,bahasa nya,kaya misalnya,otauto itu apa aniki it apa,baka,kaya gitu2 lah,

    BalasHapus